Loading...

Aksi kekerasan gara-gara sapi, 2 remaja muslim India dibunuh

Loading...

Dua remaja muslim di India mengalami nasib nahas ketika membawa ternak sapi dalam truk. Keduanya dicegat dan dibunuh oleh sekelompok orang Hindu diduga menganggap sapi sebagai hewan suci.

Dilansir dari laman Selasa (29/8), kedua remaja dibunuh itu bernama Anwar Hussain dan Hafizul Syekh (keduanya 19 tahun). Menurut perwakilan Kepolisian Negara Bagian Bengal Barat, Amitabha Maity, keduanya dihabisi setelah sekelompok preman menggeledah isi truk mereka yang ternyata mengangkut sapi ternak saat melintas di Distrik Jalpaiguri.

Hussain dan Syekh sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi petugas medis menyatakan keduanya sudah meninggal saat tiba. Maity menyatakan polisi sedang memburu para pelaku.

"Kalau ada kemungkinan sapi itu ilegal, mereka kan bisa melapor kepada polisi daripada main hakim sendiri. Kami masih mengusut apakah pembunuhan itu dilakukan spontan oleh warga desa, atau diorganisir kelompok tertentu," kata Maity.

Peristiwa pembunuhan itu adalah salah satu dari sekian aksi kekerasan dilakukan preman Hindu terhadap warga muslim. Juni lalu, tiga lelaki muslim digebuki hingga tewas karena diduga mereka pencuri ternak.

Menurut catatan, 30 orang sebagian besar Islam dibunuh dalam 65 peristiwa gara-gara masalah sapi sejak tujuh tahun lalu. Serangan semakin gencar setelah Partai Bharatiya Janata beraliran Hindu nasionalis berkuasa mulai 2014.

Penduduk memeluk Islam di India hanya 14 persen dari jumlah keseluruhan warga sekitar 1,3 miliar. Sedangkan warga Hindu merupakan mayoritas mencapai 80 persen. Maka dari itu, pada sebagian besar negara bagian mayoritas Hindu, penyembelihan dan mengkonsumsi daging sapi dilarang keras. Sebab, sapi pemeluk Hindu menganggap sapi adalah hewan suci.

Melihat aksi kekerasan terus terjadi, Perdana Menteri Narendra Modi menyatakan hal itu tidak boleh terjadi. Merenggut nyawa orang lain hanya gara-gara sapi tidak dibolehkan. Namun, hal itu diduga hanya sebatas ucapan karena dalam praktiknya kelompok Hindu ekstrem masih melakukan aksi kekerasan.

"Aksi kekerasan dilakukan preman di banyak negara bagian dengan alasan melindungi sapi terhadap kaum minoritas terus terjadi, dan seolah tak tersentuh hukum. Belum ada satu orang pun diadili terkait kejahatan itu," kata kritikus Pradip Bhattacharya.

Loading...

0 Response to "Aksi kekerasan gara-gara sapi, 2 remaja muslim India dibunuh"

Posting Komentar

Loading...